Satu hal yang wajib dimiliki untuk memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media tanam adalah kreativitas.

RumahCom – Jika Anda tak memiliki banyak lahan untuk bercocok tanam di rumah, Anda dapat memanfaatkan barang-barang yang ada untuk media tanam.

Satu hal yang wajib dimiliki untuk memanfaatkan barang-barang bekas sebagai media tanam adalah kreativitas. Dengan ide yang kreatif, menanam di rumah pun tak sekadar menyalurkan hobi tetapi juga mempercantik tampilan rumah.

Menanam di Lampu Gantung

Jika Anda memiliki chandelier bekas cobalah manfaatkan untuk media tanam baru. Caranya mudah, ganti kap untuk lampu dengan mangkuk agar bisa menampung tanah lebih banyak. Rekatkan dengan lem khusus atau lem tembak sehingga tidak mudah lepas.

Anda dapat mengecat chandelier menjadi satu warna baru. Lalu masukkan tanah ke dalam mangkuk-mangkuk dan tanami dengan bibit seperti bunga ivy, sirih putih, dan sirih gading. Selanjutnya gantung di teras balkon atau taman terbuka. Selain menambah kesegaran dapat juga menjadi hiasan interior ruang.

Chandelier lama Anda tetap 'bersinar', kali ini berkat keindahan tanamannya.

Chandelier lama Anda tetap ‘bersinar’, kali ini berkat keindahan tanamannya.

Menanam di Meja Belajar

Tak ingin ekstrem? Pilih media tanam yang tidak biasa. Jika Anda memiliki meja belajar bekas, Anda dapat memanfaatkannya dan menyulapnya menjadi taman mini yang unik. Caranya cukup mudah.

Pertama cat ulang meja belajar bekas yang ingin Anda tanami berikut dengan kursinya. Gunakan warna-warna cerah. Atau, jika Anda menginginkan nuansa klasik cukup memvernisnya ulang sehingga terlihat lebih baru.

Setelahnya, isi laci-laci meja belajar dengan 3/4 tanah. Tanam bibit pada tanah tersebut. Anda dapat memilih tanaman yang mengurangi pencemaran, seperti tanaman chinese evergreen (sri rejeki) atau golden photos.

Anda juga bisa memilih tamanan kesukaan lainnya. Jika masih ada ruang kosong letakkan tanaman pada pot-pot kecil di atas meja belajar. Selanjutnya, letakkan meja di ruang terbuka. Dijamin, ini akan menjadi bgian dari rumah yang mencuri perhatian banyak mata.

Media tanam ini benar-benar kreatif. Siapa yang menyangka, perabot belajar bisa digunakan untuk media pajang tanaman.

Media tanam ini benar-benar kreatif. Siapa yang menyangka, perabot belajar bisa digunakan untuk media pajang tanaman.

(Simak juga: Intip Serunya Halaman Belakang Rumah Selebritis)

Kebun Topi

Menanam dengan cara ini dapat menghemat ruang. Sebenarnya cara ini sangat sederhana. Pertama, gunakan pot plastik atau kaleng yang telah dilubangi. Masukkan tanah dan tanam bibit tanaman di pot tersebut.

Gunakan paku atau kawat untuk menempelkannya pada tembok. Setelah tertempel tinggal tutupi pot-pot tersebut dengan topi sebagai hiasan. Saat sudah tumbuh Anda akan melihat seakan-akan tanaman tersebut ditanam pada topi. Pilih beragam jenis topi untuk menghiasnya sehingga membuat tampilan lebih cantik.

Jadi terlihat seperti topi dengan aksen bunga nan modis, bukan?

Jadi terlihat seperti topi dengan aksen bunga nan modis, bukan?

Menanam di Sepatu

Jika Anda memiliki bekas sepatu yang tak lagi terpakai, manfaatkanlah untuk media tanam. Yap, unik bukan? Anda hanya perlu memasukkan media tanam seperti tanah dan pupuk, lalu tanamlah bibit seperti morning glory atau bunga kertas. Pot-pot sepatu ini dapat menghias area balkon rumah Anda.

Sepatu usang yang tak terpakai jadi kembali memukau jika dijadikan media tanam.

Sepatu usang yang tak terpakai jadi kembali memukau jika dijadikan media tanam.