Tips berolahraga di rumah

RumahCom – Apapun jenis rutinitas harian Anda, yang namanya olahraga haruslah menjadi aktivitas yang tak boleh terlewatkan. Pasalnya olah kebugaran ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja namun juga mental.

Bahkan menurut riset, mereka yang rajin berolahraga memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah jika Anda ingin menghemat waktu.

Ya, tanpa harus pergi ke luar rumah Anda pun bisa meregangkan otot sembari menonton tayangan televisi favorit di rumah. Tentunya ada banyak jenis latihan dengan ragam peralatan yang bisa Anda gunakan di rumah.

(Baca juga: Tips Olahraga di Rumah Saat Puasa)

Namun ketika Anda tinggal di rumah yang berukuran sangat minim, misalnya di apartemen unit studio atau rumah tipe 36, olahraga bisa menjadi aktivitas yang sulit dilakukan. Jangankan meletakkan alat treadmill, untuk melakukan senam aerobik atau zumba saja Anda akan kesulitan mencari area kosong untuk bergerak.

Tips sehat di rumah dan tempat kerja

Berbeda dengan peralatan fitness lainnya seperti balon exercise atau barbel, tali stretching ini sangat ringan dan tidak memakan tempat.

Solusinya Anda hanya cukup membeli satu buah tali stretching fitness atau disebut juga resistance bands sebagai peralatan olahraga serbaguna. Berbeda dengan peralatan fitness lainnya seperti balon exercise atau barbel, tali stretching ini sangat ringan dan tidak memakan tempat. Anda bisa menyimpannya di dalam laci atau hanya digantungkan saja pada hanger di belakang pintu.

(Baca Juga: Enam Gerakan Olahraga Simple Untuk di Rumah)

Karena ringan dan kecil, Anda bisa membawa tali stretching fitness ini kemanapun di dalam tas. Sehingga ketika ada waktu senggang Anda pun bisa melakukan latihan di kantor ataupun di taman publik. Harganya juga cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp35.000.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Karet elastis ini sejatinya merupakan alat sederhana yang membantu menambah dorongan dan tekanan pada gerakan olahraga. Jenis olahraga yang dilakukan juga biasanya hanya memanfaatkan berat badan sebagai beban untuk ditahan. Alat ini bisa dianggap sebagai pengganti barbel atau alat pengangkat beban lain yang ada di pusat kebugaran.

Awalnya resistance bands hanya digunakan oleh terapis fisik sebagai pemulihan ketika cidera. Namun alat ini juga sangat pas membantu Anda meningkatkan kekuatan fisik dengan banyaknya jenis latihan yang bisa dilakukan. Karet ini juga tersedia dalam ukuran dan tingkat elastisitas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ragam Latihan Menggunakan Mini Resistance Bands

Tips sehat di rumah dan tempat kerja

Banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan dengan alat ini. Manfaatnya dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan fisik.

Jika Anda masih amatir dalam menggunakan mini resistance bands, berikut ini ada beberapa jenis latihan yang bisa Anda coba untuk fitness praktis di rumah.