Fasilitas yang memadai serta lokasi tentu menjadi pertimbangan dasar. Namun jangan berhenti sampai di situ untuk memahami apartemen Anda.

RumahCom – Apartemen kini menjadi alternatif hunian yang populer, terutama untuk pekerja dan eksekutif. Fasilitas yang memadai serta lokasi tentu menjadi pertimbangan dasar. Namun jangan berhenti sampai di situ untuk memahami apartemen Anda.

Jika ini pertama kalinya bagi Anda untuk tinggal di apartemen, maka banyak hal berkaitan dengan prosedur yang wajib Anda ketahui. Tinggal di apartemen sedikit berbeda dengan jika Anda tinggal di kos-kosan atau rumah kontrakan.

Sebagai penyewa aprtemen Anda harus mengikuti aturan dari pemilik apartemen dan juga building management apartemen. Berikut beberapa hal yang harus Anda pelajari saat menyewa apartemen.

Tidak Boleh Mengganti Cat Dinding

Yap, banyak orang sering salah paham di bagian ini. Ketahuilah bahwa kebanyakan apartemen sewa membuat aturan agar apartemen dikembalikan pada kondisi normal seperti semula saat masa sewa habis.

Meskipun Anda menyewa untuk 1-2 tahun. Untuk mengakali agar tidak bosan Anda dapat menggunakan wallpaper atu menambah beberpa hiasan dinding, tetapi sebaiknya komunikasikan dahulu dengan pemilik apartemen.

Saat menyewa kebanyakan pemilik menerapkan deposit di awal penyewaan. Jika terjadi kerusakaan maka deposit tidak akan dikembalikan.

Mengelola Tanaman dan Sampah

Biasanya pihak apartemen akan memberikan tempat sampah umum untuk pemilik apartemen. Beberapa apartemen memisahkan jenis sampah organik dan anorganik. Untuk pemeliharan tanaman, pihak apartemen biasanya tidak memberikan lahan untuk itu. Anda bisa mengakali dengan membuat taman di balkon atau taman vertikal.

(Simak juga: Tetap Sehat Tinggal di Apartemen Mungil)

Ketahui Fasilitas yang Anda Dapatkan

Cari tahu fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan setelah menjadi penghuni apartemen. Kebanyakan apartemen memiliki fasilitas tambahan seperti kolam renang, gym, layanan laundry, dan lainnya.

Anda harus tahu apakah penggunaan fasilitas-fasilitas tersebut akan dikenakan biaya tambahan. Anda dapat menanyakan hal tersebut pada bagian manajemen gedung.

Area Parkir

Area parkir salah satu yang krusial untuk penyewa, terutama jika Anda memiliki kendaraan pribadi. Umumnya pihak apartemen hanya memberikan fasilitas parkir satu slot untuk setiap jenis kendaraan.

Cari tahu apakah fasilitas parkir untuk penghuni diberikan cuma-cuma atau dikenakan biaya. Jika berbayar, usahakan untuk berlangganan bulanan. Segera daftarkan pada pihak pengurus parkir.

Harga berlangganan jauh lebih murah dibanding tarif harian. Sementara untuk tamu yang berkunjung disediakan area parkir khusus.

Sesuaikan Anggaran

Sebelum menyewa apartemen, lakukan perhitungan. Sesuaikan dengan anggaran Anda. Jangan sampai menyewa apartemen di luar batas kemampuan, hanya karena tergiur ingin tinggal di apartemen yang lebih mewah. Pastikan harga yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Menyewa apartemen memang cara untuk menekan pengeluaran. Namun, jika dipikir-pikir,dengan sedikit tambahan, biaya sewa apartemen bisa digunakan untuk mencicil apartemen. Saat Anda membutuhkan ruang yang lebih luas, Anda bisa menjual atau menyewakannya.