Jamur membuat ruangan menjadi beraroma tak sedap dan aroma lembap yang ditimbulkannya membuat Anda tak dapat bernapas dengan leluasa.

RumahCom – Jamur yang menempel di dinding rumah tak hanya membuat kesan kumuh pada rumah Anda, melainkan juga berisiko menimbulkan gangguan pernapasan.

Jamur membuat ruangan menjadi beraroma tak sedap dan aroma lembap yang ditimbulkannya membuat Anda tak dapat bernapas dengan leluasa. Jika dinding hanya dibersihkan dengan lap kering jelas tak akan membersihkan jamur hingga tuntas. Agar jamur mati dan tak lagi bersarang di dinding Anda, cobalah trik berikut.

Bersihkan dengan baking soda

Baking soda memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga dapat membersihkan jamur hingga ke akarnya. Campurkan baking soda dengan air dingin lalu celupkan lap kering ke dalamnya dan gunakan untuk menghapus jamur pada dinding rumah Anda.

Agar lapisan dinding tak ikut mengelupas, basuh bagian dinding yang sudah Anda bersihkan dengan air bersih.

Gunakan cuka

Tak hanya baking soda, cuka putih pun dapat Anda gunakan untuk membersihkan jamur di dinding rumah. Siramkan sedikit cuka ke lapisan luar dinding lalu sikat dengan sikat gigi bekas atau sikat baju yang tak lagi digunakan.

Bilas dengan air bersih dan pastikan cuka tidak menempel di dinding untuk mencegah dinding mengelupas akibat sifat cuka yang asam.

Bersihkan dengan karbol atau pemutih pakaian

Bahan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lumut adalah detergen, pemutih pakaian, dan karbol. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan membunuh lumut. Campurkan salah satu bahan yang akan digunakan dengan air lalu gosokkan pada bagian yang berjamur, sikat, dan bilas kembali dengan air bersih.

Untuk mencegah jamur datang kembali atau menghilangkan kuman dan kutu yang tertinggal, semprotkan obat nyamuk ke dinding tersebut.

(Simak juga: Tips Mengatasi Dinding Rembes Saat Hujan)

Sirkulasi udara lancar

Untuk mencegah jamur datang kembali, pastikan ruangan di rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang lancar dan sebisa mungkin mendapatkan sinar matahari.

Buka jendela rumah setiap pagi dan sore dan buatlah lubang angin di atas pintu agar saat rumah ditinggal selama beberapa hari, bagian dalamnya tetap mendapatkan sirkulasi udara.

Cek kondisi talang air

Pastikan talang air tidak mengalami sumbatan akibat sampah dan tidak bocor. Kondisi talang yang seperti ini berisiko membuat dinding di bagian bawahnya menjadi lembap, berjamur, bahkan bocor.