Tips bugar di dapur

RumahCom – Tidak harus menunggu akhir pekan untuk berolahraga karena pada dasarnya olahraga bisa dilakukan kapan saja, dimana saja. Tak perlu juga mencari teman untuk diajak pergi ke pusat kebugaran, selain biaya membership-nya mahal, uangnya pun lebih baik untuk ditabungkan. Lakukan saja di rumah, bahkan sambil masak sekalipun Anda juga tetap bisa membakar kalori dengan efektif.

(Baca juga: Ini Aktivitas di Rumah yang Membuat Tubuh Tidak Sehat)

Ya, kebanyakan aktifitas di dapur memang lebih banyak dilakukan dengan menunggu. Misalnya ketika menunggu kopi digiling, menunggu air direbus hingga matang, menunggu minyak panas, atau menunggu brownies selesai dipanggang. Daripada bingung harus melakukan apa, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan beberapa pilihan gerakan kardio yang sederhana.

Dikutip dari thektchn.com, personal trainer dan instruktur yoga Britt McVicar dan terapis fisik Erika Mundinger membagi beberapa gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan ketika berada di dapur. Tanpa menggunakan alat bantu, yuk coba beberapa gerakan olahraga ringan berikut ini!

1. Sun Salutations

Tips bugar di dapur

Gerakan yang satu ini sangat mudah dilakukan, cukup berdiri dengan dua kaki yang tegak lurus dan angkat kedua tangan yang diangkat ke atas kepala.

Sambil menunggu kopi Anda diproses dalam mesin pembuat kopi, ada beberapa menit yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan peregangan pada tulang belakang. Salah satunya dengan melakukan gerakan yoga, Sun Salutations.

Gerakan yang satu ini sangat mudah dilakukan, cukup berdiri dengan dua kaki yang tegak lurus dan angkat kedua tangan yang diangkat ke atas kepala. Perlahan-lahan hadapkan kepala ke atas sambil melihat kedua tangan.

Setelah itu, tarik kepala dan tangan ke belakang secara perlahan. Tarik sejauh yang Anda bisa hingga tubuh membentuk lengkungan. Jika sudah, kembali ke posisi berdiri semula. Anda bisa mengulangi gerakan ini hingga tiga atau lima kali.

2. Bertumpu pada wastafel

Tips bugar di dapur 2

Jangan lupa mengambil nafas yang dalam dan jaga posisi lutut sejajar dengan pergelangan kaki dan postur tubuh tegak menghadap ke depan.

Sementara menunggu air rebus mendidih, Anda bisa melakukan gerakan ringan dengan berpegangan dengan wastafel. Caranya, berdirilah di depan wastafel. Kemudian pegang kedua tangan ke ujung wastafel dan selanjutnya turunkan bokong seperti hendak duduk.

Lakukan gerakan ini beberapa kali (atau tambahkan gerakan melompat di tengah set). Jangan lupa mengambil nafas yang dalam dan jaga posisi lutut sejajar dengan pergelangan kaki dan postur tubuh tegak menghadap ke depan.

3. Bridges

Tips bugar di dapur 3

Angkat setinggi mungkin dan biarkan lutut Anda menekuk. Tahan sekitar lima detik sebelum kembali ke posisi semula secara perlahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

Jika tidak memungkinkan melakukan di dapur, Anda bisa mencoba postur bridges di ruang keluarga. Lakukan selagi menunggu masakan atau kue Anda matang. Gerakan bridges bisa membuat tubuh rileks setelah banyak duduk atau berdiri di dapur.

Cukup dengan berbaring di lantai, sejajarkan kedua tangan di samping tubuh, dan angkat panggul ke atas. Angkat setinggi mungkin dan biarkan lutut Anda menekuk. Tahan sekitar lima detik sebelum kembali ke posisi semula secara perlahan. Lakukan gerakan ini beberapa kali.

4. Savasana

Tips bugar di dapur 4

Sambil berbaring di lantai, lakukan pengaturan nafas yang teratur. Ambil nafas yang dalam, tahan delapan detik, dan keluarkan secara perlahan sembari menarik perut.

Hampir mirip dengan Bridges, gerakan Savasana membuat Anda lebih rileks dan santai di tengah proses memasak yang melelahkan. Gerakan Yoga ini biasanya dilakukan sebelum dan sesudah melakukan meditasi.

Sambil berbaring di lantai, lakukan pengaturan nafas yang teratur. Ambil nafas yang dalam, tahan delapan detik, dan keluarkan secara perlahan sembari menarik perut.

5. Peregangan Kecil

Selain empat postur di atas, Anda juga bisa melakukan gerakan peregangan kecil yang sangat mudah dilakukan. Seperti menarik kedua tangan ke atas, ke bawah, dan kesamping. Atau bisa juga dengan menggerakkan kepala kekanan dan ke kiri.

Gerakan ini, meski terlihat sederhana namun bisa membuat Anda lebih rileks di tengah proses meracik makanan yang lezat.